Jumat, 31 Agustus 2007

paralysis sindrome

ok...ok..ok...sekarang waktunya untuk cerita tentang teman saya...
masih ingetkan ,sarjana gagal yang kerjaannya suka nyakitin orang itu...yup!

Kemaren saya ketemu lagi ama dia suatu tempat favorit saya, reading lights...sebetulnya saya disana dateng duluan dan ga ada rencana buat ketemu dia, pas lagi enak melamun sendirian membayangkan yang indah-indah, seperti senja dan hujan...tiba-tiba dia nelepon dan mo dateng kesitu...

'pasti tidak lain dan tidak bukan...mo curhat!' dan benar....15 menit setelah dia nelepon,dia dateng dan langsung melamun, tepat di depan saya..

kontan, saya yang sedang menikmati vanilla latte kesukaan saya, menjadi ikut galau juga, dan pertanyaan dasar pun keluarlah...

'kanapa???',tanya saya, 'galau lagi...ngerasa kalah lagi...ngerasa kosong lagi??'

'yoi...', jawabnya santai bin galau...

'lu tu kebanyakan galau tau gak! Dikit-dikit ngerasa kosong, dikit-dikit ngerasa gagal, kapan sih lu bisa ngerasain betepa bahagianya hidup ini...walupun hanya dikit....'

'ga tau...gw sih cuma ngerasain yang gw rasain.....'

dengan wajah tanpa dosa dan suara yang datar, persis vokalis band kesukaan saya 'the milo' kalo manggung...

'trus kenapa lu ngelamun kayak gitu?' Tanya saya lagi...

'pernah ga sih lu ngerasain suatu kondisi dimana lu rindu ama seseorang dan lu gak bisa menuhin rasa rindu itu, karena berbagai alasan, atau karena ternyata cuma lu doank yang ngerasain itu gak ada orang lain yang bisa ngerasain dan gak ada orang lain yang peduli...cuma lu...diri lu..dan lu sendiri...'

busyet!!! bocor deh udah...bisa lama nih curhat...guman saya dalam hati...tapi sebagai seseorang yang suka berusaha menjadi seorang yang berpengertian (hehehe), saya mencoba mendengarkan...

'trus...', pancing saya lagi...

'ya..gitu...misalnya, lu kan suka ngeblog dan nulis di sana, tiba-tiba ada suatu kondisi dimana lu pengen banget nulis dan mencurahkan isi hati lu, tapi kesempatanya seperti gak ada, dan lu ngerasa bahwa gak ada lagi waktu yang paling tepat untuk nulis di blog selain saat itu...dan lu gak bisa...pokoknya ada sesuatu yang bikin lu gak bisa nulis di itu blog....nah...pusing kan....'

hmmhmmhmm...saya hanya bisa mendehem...sialan, bener juga nih orang....
'terus...', kata saya

'dan lu ngerasa bahwa lu sendirian lagi, setelah selama ini lu ngerasa punya temen dalam hidup ini, punya seseorang yang paling lu harepin buat jadi seseorang yang lu sayang dan bisa ngobrolin apa aja, di mana pun dan kapan pun, dalam kondisi apapun, sekrang tiba-tiba lu ngerasa bahwa semuanya berangsur ilang gitu aja, atau setidaknya lu ngerasa bahwa temen lu yang lu sayang dan lu harepin itu tiba-tiba seperti melangkah menjauh...

man....itu rasanya sedih banget...dan bener-bener ngebuat gw sendirian banget...gila..bener-bener gw ngerasa sendirian lagi....'

'oh...jadi itu masalahnya...'

'itu lagi gimana...', tanya teman saya heran..

'iya..lu kan orangnya egois, lu kira tuh orang yang lu sayang itu gak punya kehidupan apa...emangnya dia harus selalu siap buat lu muntahin tuh keluh kesah lu...'

'iya sih..tapi kan gw lagi butuh banget...kerjaan gw lagi bikin pusing dan selalu bikin pusing, gw tuh butuh sesuatu yang mendinginkan dan menyegarkan, kayak es buah..tau kan lu es buah, bayangin di suatu siang yang panas banget, trus lu beli es buah, dan makan tu es buah dibawah pohon rindang...sejuk banget...

'gw tuh lagi butuh yang kayak gitu, lu kan tau gw jarang ngasih hati gw buat orang lain, dan ketika seseorang yang selalu ngelakuin semuanya sendirian, dan sekarang nemunin orang yang bisa diajak berbagi, bisa diajak berdiskusi apa aja. Itu menyenangkan banget...

'dan lu tau kan rasanya giman kalo momen itu tiba-tiba gak ada...gw sih bukan mau nyalahin orang lain...tapi gw cuma cerita apa yang gw rasa...

'sedih....kayak kemarau yang menaruh harapan pada mendung, tapi mendung itu gak pernah jadi hujan...malah ditiup ama angin terus pergi jauh.....jauh banget....dan kemarau itu tetep kering...tetep sendiri....'

hmhmhm, maaf kali ini saya cuma bisa ngangguk-ngangguk, seperti biasa itu hal terbaik yang bisa saya lakukan...apalagi kejadian yang diceritain temen saya itu pernah juga kejadian sama saya...

'yeah...gitulah hidup', jawab saya agak ketus...

teman saya kemudian memandang heran, namun kemudian dia kembali memandang lalu lintas di depan toko buku itu, dengan pandangan yang kosong...

untuk kesekian kali, kami hanya bisa terdiam dan terdiam...

betapa kesepian itu memang mutlak.....

betapa kesendirian itu begitu menghantui...

betapa 'rasa' itu selalu ingin terpenuhi....

yeeaahh.....begitulah hidup...........

Tidak ada komentar: